Senin, 30 April 2012

Mandiri Edukasi, Komitmen Bank Mandiri Pada Dunia Pendidikan

Jumat, 07 Oktober 2011
Bank Mandiri menggelar program edukasi di 198 sekolah serta 14 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Program tersebut diikuti oleh 19.800 siswa SD, SMP, dan SMA serta 7.500 mahasiswa. Selain menggelar edukasi, Bank Mandiri juga mendirikan school banking di sekolah dasar dan lanjutan untuk memperluas pengetahuan dan wawasan pelajar di bidang perbankan.

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan Mandiri Edukasi merupakan program yang dilakukan untuk mempertegas komitmen Bank Mandiri terhadap peningkatan kualitas pendidikan di tanah air.

“Seluruh jajaran direksi dan lebih dari seribu pegawai Bank Mandiri di seluruh Indonesia secara serentak turun langsung memberikan edukasi di Perguruan Tinggi dan sekolah-sekolah untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa dan siswa tentang perbankan dan kepemimpinan. Langkah ini merupakan bukti keseriusan kami untuk meningkatkan pengetahuan dan karakter generasi penerus bangsa,” kata Zulkifli Zaini di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Jumat (7/10).

Kegiatan Mandiri Edukasi yang bertema “Kesungguhan Mandiri Mencerdaskan Anak Negeri” tersebut merupakan salah satu grand strategy program Bina Lingkungan di bidang pendidikan. Sebab, pendidikan merupakan salah satu pilar yang menyokong kemajuan Indonesia. 

Program yang melibatkan seluruh unsur pimpinan Bank Mandiri tersebut juga menjadi media yang efektif bagi Bank Mandiri untuk berbagi pengalaman dengan pelajar dan mahasiswa, tentang karakter pemimpin yang mampu menciptakan kesuksesan serta pentingnya kreatifitas bagi sebuah entitas bisnis dalam merebut peluang pasar. 

Terkait dengan pendirian school banking, Bank Mandiri mengalokasikan Rp 3,6 miliar untuk membangun ruangan, penyediaan komputer dan buku-buku perbankan serta untuk pelatihan para siswa tentang mini banking. 

Menurut Zulkifli, pendirian school banking ini merupakan upaya untuk menciptakan sumber daya berkualitas yang dapat membawa industri perbankan Indonesia dapat menjadi pemain utama di dunia internasional.

Bank Mandiri juga menyalurkan beasiswa Mandiri Prestasi sebesar Rp18,88 miliar bagi 360 mahasiswa dari 18 perguruan tinggi untuk menyelesaikan pendidikan selama 4 tahun. Selain itu, Bank Mandiri membantu pengadaan buku perpustakaan untuk 98 sekolah senilai total Rp490 juta.

Mandiri pun turut serta memperbaiki sarana pendidikan di beberapa perguruan tinggi. Seluruh kegiatan tersebut menggunakan dana yang berasal dari anggaran Program Bina Lingkungan Bank Mandiri. Dana Bina Lingkungan yang telah disalurkan Bank Mandiri pada tahun 2011 sampai dengan September sebesar Rp 73.543 miliar untuk berbagai kegiatan.

Sumber : http://csr.bankmandiri.co.id