Jakarta, Sebagian besar blogger lebih
memilih menulis blog mengenai kehidupan pribadi mereka daripada membahas
soal politik dan teknologi, berikut adalah hasil survei yang dilakukan
oleh lembaga riset The Pew hari Rabu kemarin.
Lebih dari tiga per empat blogger yang disurvei menyatakan, mereka menulis blog untuk berbagi pengalaman pribadi mereka. Sedangkan hanya 6 dari 10 blogger yang menulis blog untuk berbagi pengetahuan atau skill mereka kepada yang lain.
"Blog dibuat secara individu, itu yang menjadikan kreativitas mereka untuk mengekspresikan diri," tutur Amanda Lenhart selaku senior research specialist di Pew, yang dikutip detikINET dari techweb Kamis (20/07/2006).
Hasil survei juga menunjukkan hanya sebagian kecil blogger yang tertarik dengan topik di luar kehidupan pribadi mereka.
Tercatat, hanya 11 persen blogger yang fokus di bidang politik dan pemerintahan, 7 persen di bidang entertainment, 5 persen di bidang olahraga, 5 persen menggemari berita umum yang sedang hangat dan bisnis, 4 persen di bidang teknologi dan 2 persen di bidang keagamaan dan aliran kepercayaan. Jumlah yang lebih kecil lagi tercatat di komunitas hobi, kesehatan, dan berbagai topik lainnya.
Penelitian yang dilakukan The Pew juga menunjukkan bahwa orang dewasa Amerika lebih memilih membaca blog daripada menulisnya. Hal ini bisa dilihat dari hasil survei, dari 39 persen (sekitar 57 juta) orang dewasa pengguna internet di Amerika, tercatat hanya membaca blog. Sedangkan jumlah yang menulis blog hanya 8 persen atau sekitar 12 juta user.
Penggunaan blog untuk kepentingan bisnis juga tercatat masih sedikit hasilnya, tercatat hanya 8 persen blogger yang dapat menghasilkan uang dari blog yang dibuatnya.
Penelitian ini dilakukan dari Juli 2005 sampai April 2006, dengan mensurvei 233 blogger dan survei via telepon terhadap 7.012 orang dewasa, termasuk 4.753 pengguna internet. (ash)(nks)
http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/07/tgl/20/time/132030/idnews/639908/idkanal/331
Lebih dari tiga per empat blogger yang disurvei menyatakan, mereka menulis blog untuk berbagi pengalaman pribadi mereka. Sedangkan hanya 6 dari 10 blogger yang menulis blog untuk berbagi pengetahuan atau skill mereka kepada yang lain.
"Blog dibuat secara individu, itu yang menjadikan kreativitas mereka untuk mengekspresikan diri," tutur Amanda Lenhart selaku senior research specialist di Pew, yang dikutip detikINET dari techweb Kamis (20/07/2006).
Hasil survei juga menunjukkan hanya sebagian kecil blogger yang tertarik dengan topik di luar kehidupan pribadi mereka.
Tercatat, hanya 11 persen blogger yang fokus di bidang politik dan pemerintahan, 7 persen di bidang entertainment, 5 persen di bidang olahraga, 5 persen menggemari berita umum yang sedang hangat dan bisnis, 4 persen di bidang teknologi dan 2 persen di bidang keagamaan dan aliran kepercayaan. Jumlah yang lebih kecil lagi tercatat di komunitas hobi, kesehatan, dan berbagai topik lainnya.
Penelitian yang dilakukan The Pew juga menunjukkan bahwa orang dewasa Amerika lebih memilih membaca blog daripada menulisnya. Hal ini bisa dilihat dari hasil survei, dari 39 persen (sekitar 57 juta) orang dewasa pengguna internet di Amerika, tercatat hanya membaca blog. Sedangkan jumlah yang menulis blog hanya 8 persen atau sekitar 12 juta user.
Penggunaan blog untuk kepentingan bisnis juga tercatat masih sedikit hasilnya, tercatat hanya 8 persen blogger yang dapat menghasilkan uang dari blog yang dibuatnya.
Penelitian ini dilakukan dari Juli 2005 sampai April 2006, dengan mensurvei 233 blogger dan survei via telepon terhadap 7.012 orang dewasa, termasuk 4.753 pengguna internet. (ash)(nks)
http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/07/tgl/20/time/132030/idnews/639908/idkanal/331